Selasa, 09 April 2013

Pentingnya Informasi dalam Pengambilan Keputusan


Informasi Pemecahan Masalah Dan Teknologi Pada Organisasi

Sistem Informasi Itu memang sangat berperan penting di dalam perusahaan. Peranan tersebut itu seperti :
1. Mendukung proses dan operasi bisnis.
2. Mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis.dan masih banyak lagi
Yang saya akan membahas yaitu fokus pada Pengambilan keputusan

Sistem Informasi Manajemen Menurut saya pada Era zaman seperti ini sudah berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer mengambil peranan penting dalam sebuah sistem informasi manajemen.Teorinya adalah penerapan sebuah Sistem Informasi Manajemen memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya (seperti pada era sekarang ini), tidak mungkin sistem informasi manajemen yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi Manajemen yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah komputer data atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Proses manajemen dimulai dengan perencanaan, kemudian proses pelaksanaan, proses pengendalian dan pengawasan. Pada setiap proses diperlukan informasi yang sebagian adalah dihasilkan oleh SIM.
SIM sangat bermanfaat bagi para manajer dalam proses pengambilan keputusan. Karena Sistem ini secara terpadu dan efisien melaksanakan pengumpulan data, dan menyajikan informasi sesuai dengan kebutuhan para pengambil keputusan. Sistem ini memberikan kemudahan dalam menyediakan data secara tepat waktu sesuai dengan kebutuhan.

Pengambilan keputusan sebenarnya didefinisikan yaitu suatu proses pemikiran dalam pemecahan masalah untuk memperoleh hasil yang akan dilaksanakan.
Kegiatan pengambilan keputusan yang pada dasarnya adalah pemilihan jalan alternatif. Proses pemilihan itu dapat sederhana, dapat juga kompleks. Keputusan yang diambil mungkin tidak menyangkut banyak pihak tetapi dapat membawa Kepentingan bagi pihak lain, sehingga perlu pertimbangan yang lebih dalam Disiniliah Teknologi bisa dibutuhkan, dan pada saat seseorang manajer akan Memutuskan Rencananya.

Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti misal tidak tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi kadang tidak diperlukan pada organisasi. Dan jika terlaksana hal ini akan terjadi keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis atau jangka panjang Pada anggota Organisasi tersebut

Jadi konsep kengambilan keputusan menurut saya memegang peranan penting dalam era Industri Teknologi ini karena keputusan yang diambil oleh manajer merupakan hasil dan faktor faktor dalam bantuan Komputer based dan juga akan dilaksanakan oleh anak buahnya atau organisasi yang yang ia pimpin. keputusan atasan / manajer sangat penting karena menyangkut semua aspek . Kesalahan dalam mengambil keputusan bisa merugikan organisasi, mulai dari kerugian citra, respect, sampai kerugian biaya (uang).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Fish

Translator